Mengenal Tokoh Wayang Raden Sadewa dan Kisah hidupnya. - www.retqa.my.id

Mengenal Tokoh Wayang Raden Sadewa dan Kisah hidupnya.

Konten [Tampil]
Salam sejahtera Sedulur portal manyaran dimanapun andan berada. Pada kesempatan kali ini mimin portal manyaran akan sedikit membahas tentang Tokoh Wayang Raden Sadewa dan Kisah Hidupnya. Monggo di lanjut membaca artikel di bawah ini semoga menambah ilmu.
Raden Sadewa
Raden Nakula-Sadewa.

Siapa Raden Sadewa ?


Raden Sadewa adalah salah satu tokoh wayang yang termasuk dari pandawa lima. Raden Sadewa adalah Putra Prabu Pandudewanata dengan istri keduanya yaitu Dewi Madrim. Raden Sadewa terlahir kembar dengan saudara lelakinya yaitu Raden Nakula. Selain Raden Nakula, Raden Sadewa mempunyai tiga saudara lain Ibu, yaitu; Raden Puntadewa Raden Werkudara dan Raden Arjuna.Raden Sadewa adalah titisan dari Dewa Aswi yaitu Dewa tabib kayangan yang di panggil oleh Dewi Madrim.


Kisah hidup Raden Sadewa.

  1. Masa Kecil Raden Sadewa di besarkan oleh Dewi Kunti beserta Pandawa yang lainnya.
  2. Masa Muda Raden Sadewa ikut menimba ilmu di petapaan saka lima milik Begawan Dorna. Raden Sadewa termasuk musrid yang terampil, dia ahli dalam memanah dan lembing.
  3. Pada masa babat hutan wanamarta untuk dijadikan istana Amarta, Raden Sadewa menyatu dengan petinggi kerajaan Jin bawahan Prabu Yudistira. Nama petinggi yang tubuhnya menyatu dengan Raden Sadewa adalah Detya Sapulembu menjadikan Raden Sadewa dapat mengetahui segala Hal yang telah terjadi dan akan terjadi. Namun Raden Sadewa mempunyai pantangan apabila menceritakan apa yang dia ketahui akibatnya kepalanya akan terbelah.
  4. Pada masa pengasingan dan penyamaran di negara Wirata Raden Sadewa menyamar sebagai pengurus tanaman istana denagan nama Tatripala.
  5. Pada masa perang Baratayuda Raden Sadewa ikut menemui Prabu Salya bersama Raden Nakula atas perintah Prabu Kresna. Hal ini bertujuan agar Prabu Salya menunjukan sisi kelemahannya agar Pandawa mampu mengalahkannya.
  6.  Akhir hidup Raden Sadewa adalah ketika Raden Sadewa Ikut melakukan perjalanan terakhir dengan para pandawa menuju puncak gunung Himalaya dan akhirnya masuk surga.
Dalam Lakon Sudamala Raden Sadewa diceritakan diminta oleh Bathari Durga untuk di tumbalkan padanya. Alkisah ada dua Jin yang berubah bentuk menjadi Raksasa dan ingin membantu Kerajaan Astina untuk memenangkan perang Baratayuda. Hal ini diketahui oleh Dewi Kunti, lalu Dewi kunti memohon kepada Bathari Durga untuk memusnakan dua Raksasa tersebut. Permintaan dewi kunti rupanya di dengar oleh Bathari Durga. Bathari Durga akan mengabulkan permintaan Dewi Kunthi dengan syarat menyerahkan Raden Sadewa sebagai tumbal. Dewi Kuntrhi yang mendengar persyaratan tersebut tidak menyetujui dan mengurungkan niatnya. Namun dalam perjalanan Dewi Kunthi dirasuki Jin suruhan Bathari Durga dan ketika bertemu Raden Sadewa memberikan perintah agar Raden Sadewa menghadap Bathari Durga agar menjadi tumbal kemenangan pandawa.
Singkat cerita Raden Sadewa menghadap Bathari Durga, dan ternyata Bathari Durga meminta untuk diruwat oleh Raden Sadewa agar menjadi putri yang cantik. Melihat keadan itu Bathara Guru merasuki Raden Sadewa dan berhasil meruat Bathari Durga.

Itulah sedikit artikel tentang tokoh wayang Raden Sadewa dan kisah hidupnya semoga bermanfaat dan menambah ilmu sedulur portal manyaran dimanapun anda berada. Terimakasih.

0 Response to "Mengenal Tokoh Wayang Raden Sadewa dan Kisah hidupnya."

Post a Comment

Gunakan bahasa yang santun dan sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel