Mengenal tokoh wayang Pandawa lengkap. - www.retqa.my.id

Mengenal tokoh wayang Pandawa lengkap.

Konten [Tampil]
Salam sejahtera sedulur Portal Manyaran, selamat datang kembali di blog wisata, budaya serta kesehatan Portal Manyaran. Pada artikel kali ini mimin Portal Manyaran akan membahas tentang tokoh-tokoh wayang pandawa secara lengkap.
Pandawa
Pandawa


Pandawa adalah sebutan untuk lima orang pangeran kerajaan astinapura yang terdiri dari Raden Puntadewa, Raden Werkudara, Raden ArjunaRaden Nakula dan Raden Sadewa. Kelima Putra mahkota kerajaan Astinapura ini merupakan Putra dari Prabu Pandu Dewanata dengan kedua orang istrinya yaitu Dewi Kunti yang merupakan istri pertama dan Dewi Madrim selaku istri kedua.

Dari istri pertama Prabu Pandu Dewanata dikarunia tiga pangeran yaitu Raden Puntadewa,Raden Werkudara  dan Raden Arjuna. Dan dari istri kedua Prabu PanduDewanata dikarunia dua orang putra kembar yaitu Raden Nakula dan Raden Sadewa. Kelima Putra Prabu Pandu Dewanata inilah yang terkenal dengan sebutan Pandawa Lima.

Pandawa ini yangterdiri dari lima orang putra mahkota dikenal dari sebuah epos atau wiracerita kepahlawan Mahabaratha/ Baratayudha. Epos ini menceritakan sebuah perperangan besar antara kebaikan yang melawan kejahatan. Para Pandawa mewakili sisi baik dan sisi buruk diwakili oleh Kurawa. Perang Baratayudha yang terjadi antara Pandawa dan Kurawa yang sejatinya adalah saudara.

Pada hakikatnya kelima Pandawa ini adalah titisan para dewa kayangan yang dipanggil oleh Dewi Kunti dan Dewi Madrim dengan mantra adtyaredha dengan seijin Prabu Pandu Dewanata. Seperti yang sedulur Portal Manyaran ketahui bahwasanya Prabu Pandu Dewanata dikutuk akan mati bila berhubungan badan karena telah membunuh kijang yang sedang kawin yang ternyata adalah seorang Resi.

Untuk lebih mengenal siapa saja tokoh wayang yang disebut pandawa berikut ini lima tokoh wayang yang merupakan kesatria pandawa.

Tokoh-tokoh Wayang Pandawa.

  1. Raden Puntadewa.Raden Puntadewa  adalah Putra Pandawa pertama dari Prabu Pandu dengan Dewi Kunti. Merupakan titisan dari Dewa Dharma yang merupakan Dewa kebaikan dan kebijaksanaan. Raden Puntadewa memili sifat baik, pemaaf bijaksana dan bermoral tinggi.
  2. Raden Werkudara. Raden Werkudara adalah Putra pandawa Kedua dari Pandu dan Dewi Kunti. Dikenal sebagai Penegak Pandawa karena merupakan tiang kokoh yang menjadi tameng sekaligus pelindung dari para Pandawa. Memiliki badan yang kekar dan tinggi serta memiliki kekuatan yang kuat laksana angin topan. Hal ini terjadi karena Raden Werkudara adalah titisan dari Dewa Bayu. Raden Werkudara memiliki sifat yang jujur, teguh, percaya diri namun tidak bisa berkata dengan bahasa krama inggil. Hal ini karena Raden Werkudara menganggap semua orang itu sama tidak memandang kasta dan jabatan. Hanya kepada Dewa Ruci yang merupakan Dewa sejati Raden Werkudara berbahasa halus Krama Inggil.
  3. Raden Arjuna. Raden Arjuna adalah Putra pandawa Ketiga dari Prabu Pandu dengan Dewi Kunti. Terkenal dengan sebutan Penengah Pandawa,   adalah titisan dari Dewa Indra yang merupakan Dewa perang.Raden Arjuna  adalah tokoh wayang yang terkenal mempunyai ketampanan yang luar biasa, hal ini membuat Raden Arjuna mempunyai banyak istri. Raden  Arjuna adalah seorang kesatia yang sangat mahir dalam menggunakan senjata panah dan mempunyai berbagai senjata pusaka dewata. Raden Arjuna mempunyai sifat halus lembut dan setia kawan.
  4. Raden Nakula.Raden Nakula  adalah pandawa putra Pandu dengan Dewi Madrim. Raden Nakula adalah titisan dari Dewa Aswan yang merupakan Dewa Pengobatan. Raden Nakula mempunyai keahlihan dalm seni berpedang dan pandai merawat hewan ternak. Raden Nakula mempunyai sifat jujur, dapat dipercaya dan pandai menyimpan rahasia.
  5. Raden Sadewa. Raden Sadewa adalah pandawa putra dari Prabu Pandu denan Dewi Madrim. Raden Sadewa adalah titisan Dewa Aswin yang juga merupakan Dewa Pengobatan. Raden Sadewa mempunyai keahlihan dalam merawat tanaman. Memiliki sifat yang baik serta bijaksana.
Itulah sedikit artikel tentang tokoh-tokoh wayang Pandawa yan berhasil mimin Portal Manyaran rangkum dari berbagai sumber semoga bermanfaat dan menambah ilmu sedulur Portal Manyaran dimanapun anda berada. Terimakasih.

1 Response to "Mengenal tokoh wayang Pandawa lengkap."

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete

Gunakan bahasa yang santun dan sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel